SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Selamat datang di Blog Rumah Sakit Umum Sinar Kasih Purwokerto

Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memang sudah tidak dapat dibendung lagi, teknologi ini khususnya teknologi internet sudah menjadi bagian dari kebutuhan hidup masyarakat di Indonesia bahkan di seluruh dunia.

Rumah Sakit Umum Sinar Kasih Purwokerto sebagai salah satu rumah sakit di Indonesia juga merasakan hal yang sama, oleh karena itu dengan adanya blog ini diharapkan komunikasi dan informasi dari dan antar rumah sakit YAKKUM dan masyarakat umum akan semakin cepat, tepat dan akurat.

Kami menyadari bahwa blog ini masih harus terus diperbaiki dan disempurnakan, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi kemajuan bersama.

Terima kasih, selamat bergabung dengan kami.....

Senin, 31 Mei 2010

SEJARAH YAKKUM

Sejarah Organisasi

Pada 20 Mei 1899 di Yogyakarta, dengan dimotori oleh Dr. J. Gerrit Scheurer para misionaris dari Belanda meresmikan PETRONELLA ZIENKENHUIS yang sekarang dikenal sebagai RS Bethesda. Berdirinya RS tersebut akhirnya kemudian diikuti dengan berdirinya beberapa rumah sakit Kristen yang lain. Dalam perkembangannya, terutama setelah Indonesia merdeka, timbul kesadaran untuk mempererat persekutuan antar Rumah Sakit Kristen di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Akhirnya, pada tanggal 1 Februari 1950 terbentuk Jajasan Roemah-roemah Sakit Kristen di Djawa Tengah yang kemudian dikenal sebagai Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum (Yakkum) sejak 15 September 1964, yang bernaung di bawah Sinode Gereja Kristen Jawa (GKJ) dan GKI (Gereja Kristen Indonesia).


Ruang Lingkup Pelayanan Yakkum

 
Pada awalnya, Yakkum melaksanakan pelayanan kesehatan yang berorientasi kepada aspek medik di rumah sakit (hospital oriented) saja. Namun, kemudian berkembang pada orientasi kesehatan masyarakat secara menyeluruh (comprehensive community health oriented). Dalam usaha mewujudkan tujuannya, Yakkum melakukan usaha pelayanan di bidang kesehatan yang menyeluruh, utuh, terpadu, dan berkesinambungan. Kegiatan tersebut meliputi upaya pencegahan (preventif), penyembuhan (kuratif), pemulihan (rehabilitatif), dan peningkatan pendidikan (promotif). Untuk mendukung usaha tersebut, Yakkum melakukan usaha di bidang pengembangan dan pembangunan atau pemberdayaan masyarakat, bangsa dan negara yang meliputi pelayanan kepada masyarakat miskin dan tertinggal. Usaha-usaha tersebut antara lain adalah :
Mendirikan sarana dan menyelenggarakan pelayanan kesehatan serta aspek penunjangnya.
Mendirikan sarana dan menyelenggarakan pendidikan untuk tenaga kesehatan.


Tujuan dan Usaha


Sebagai lembaga pelayanan Kristen, bersifat sosial gerejawi, betujuan untuk mewujudkan damai sejahtera yang harus dirasakan manusia sebagai perwujudan kasih Allah dalam karunia karya penyelamatan-Nya dengan mengembalikan fungsi dan kedudukan manusia sebagai ciptaan menurut Gambar Allah, dalam hubungan yang serasi antara manusia dengan Allah, manusia dengan manusia, dengan lingkungan dalam keutuhan ciptaan Allah, khususnya di tengah kehidupan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia dalam proses pembangunan nasional, sehingga pelayanan YAKKUM dilaksanakan tanpa membedakan latar belakang suku, bangsa, agama, kepercayaan, golongan, budaya, sosial-ekonomi dan jenis kelamin.
Untuk mencapai tujuannya, YAKKUM melakukan usaha pelayanan di bidang kesehatan umum bersifat menyeluruh, utuh, terpadu dan berkesinambungan yang meliputi upaya pencegahan, penyembuhan, pemulihan, peningkatan, dan pendidikan.
Untuk mendukung usaha tersebut, YAKKUM melakukan usaha di bidang pengembangan dan pembangunan masyarakat, bangsa dan negara, meliputi pelayanan kepada masyarakat miskin dan tertinggal, dengan :

  1. Mendirikan sarana dan menyelenggarakan pelayanan kesehatan serta penunjangnya.
  2. Mendirikan sarana dan menyelenggarakan pendidikan tenaga kesehatan.

by DJ Hendra | Sources: http://www.yakkum.or.id | Christian Foundation for Public Health

Tidak ada komentar:

Posting Komentar